Manfaat Buah Salak Bagi kesehatan

Rabu, 26 Agustus 2015
Buah Salak
Manfaat Buah Salak Bagi kesehatan. Ternyata buak salak yang selama ini kita kenal dengan ciri khas kulitnya yang kasar, ternyata khasiat yang bagi untuk kesehatan. Nutrisi dan vitamin yang ada dalam buah salak ternyata bisa memberikan dampak stimulus yang baik bagi tubuh. Varian dari buah salak pun lebih dari satu, yaitu salak pondoh, bali swaru, dan condet. Rasanya pun bermacam-macam tergantung pada tingkat kematangannya. Ada yang memiliki rasa manis, asam, sampai sepat.kandungan gizi buah salak yaitu Setiap 100gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilikalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, zat besi 3,9 miligram. Selain itu  di dalam sebuah salak juga mengandung vitamin C sebesar 8,4 miligram. Selain rasanya enak, gizinya pun banyak.

manfaat buah salak untuk kesehatan
  • Obat Diare  
  Jika Anda mengalami sakit diare, jangan terburu-buru untuk minum obat diare. Cobalah mengobatinya dengan cara alami. Dan salah satu cara alami tersebut yakni dengan makan buah salak. Penelitian menyebutkan bahwa nutrisi yang terkandung pada buah salak bisa mengobati diare.

  • Mengatasi Batuk    
Salak adalah buah yang memiliki nutrisi berupa kalium dan pektin yang cukup tinggi. Kalium dan pektin sendiri merupakan salah satu nutrisi yang bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Saat daya tahan tubuh meningkat, ketika Anda sakit batuk, maka batuk tersebut bisa disembuhkan dengan konsumsi salak.
  • Membantu Program Diet
Ketika Anda ingin memiliki tubuh langsing dan ramping serta berhasil saat menjalani program diet, salah satu kuncinya adalah dengan memanfaatkan buah salak. Sebagai buah yang tinggi serat, salak sangat baik di konsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet. Vitamin C dan tanin yang ada di buah salak juga merupakan salah satu alasan kenapa buah ini sangat baik dalam membantu keberhasilan program diet.
  • Menyehatkan Mata   
 Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan mata, sangat dianjurkan untuk Anda mengkonsumsi buah salak. Nutrisi dan vitamin dalam buah dikatakan hampir setara dengan wortel yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan mata Anda. Mengkonsumsi salak bisa buat mata lebih cerah, melihat lebih jelas dan jauh dari penyakit rabun.

ada pun Manfaat Daun salak untuk menghilangkan penyakit ambeien yang belum parah
  1. Ambil 3 helai daun salak
  2. Kemudian direbus dengan segelas air
  3. kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum dengan gula merah
  4. Minumlah dua kali sehari, pagi dan malam hari
dan Manfaat Kulit salak untuk kesehatan
  1. Khasiat kulit salak untuk mengobati dan menurunkan penyakit diabetes kering, menstabilkan tekanan darah ( tinggi maupun rendah )
  2. Ambillah kulit buah salak secukupnya ( jangan pakai buah )
  3. Bilas dengan air sampai bersih
  4. Kemudian masukkan ke dalam kuali ( jangan kuali aluminium, atau besi )
  5. Tuangkan dengan ait secukupnya.
  6. Rebus menggunakan api kecil sekali, sampai mendidih airnya
  7. Saring dan minum airnya
  8. Kulit salak yang sudah direbus tidak bisa dipergunakan kembali
  9. Sehari minum 1 liter air rebusan kulit salak
  10. Lakukan sampai 2 minggu tanpa putus, dan kita bisa buktikan diabetes kering yang seringkali melonjak naik akan menjadi normal, dan tekanan darah akan stabil 
Berikut kandungan gizi buah salak dan beberapa manfaat untuk kesehatan
  • Anti oksidan Zat anti kanker alami :
Anti oksida di dalam buah salak dapat menjadi zat anti kanker alami untuk tubuh kita. Anti oksida sendiri dapat membunuh sel-sel kanker yang berkembang di dalam tubuh kita serta menagkal radikal bebas dan anti imune pada tubuh.
  • Vitamin A untuk mata :
Buah salak di percaya dapat memberi efek cemerlang di mata kita,karena di dalam buah salak banyak memiliki kandungan vitamin A yang di butuhkan mata.dan menjaga kesehatan mata sehingga terhindar dari rabun dan penyakit mata lainnya.
  • Buah salak sumber energi :
Dengan mengkonsumsi buah salak secara rutin kita dapat memberi asupan energi yang di butuhkan oleh tubuh kita.
  • Zat besi Mengobati anemia :
Buah salak juga memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk menormalkan darah dan mengontrol tekanan darah di dalam tubuh,sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit anemia dan pusing-pusing.
  • Asupan serat tubuh:
Tubuh kita membutuhkan asupan serat yang mencukupi,untuk menghindarkan dari penyakit lambung dan usus kita,dengan serat yang cukup tubuh dapat terhindar dari penyakit diare,susah BAB,serta sembelit.
  • Kebutuhan kalsium tulang :
Kandungan kalsium di dalam buah salak sangat baik untuk kesehatan tukang kita,serta menghindari kerapuhan tulang secara dini.(osteoporosis)
  • Memberi stamina pada tubuh :
Mengkonsumsi buah salak secara teratur dapat menjaga stamina tubuh kita tetap Vit dan tidak mudah lemas.Di karenakan di dalam buah salak terdapat zat kalium serta energi yang di butuhkan tubuh.
  • Vitamin C mengobati panas dalam dan sariawan :
Rasa manis serta asam di dalam buah salak memiliki banyak kandungan vitamin C yang berguna untuk mencegah panas dalam serta mengobati sariawan.Buah salak merupakan salah satu sumber alternatif alami untuk memberi asupan vitamin C yang di butuhkan oleh tubuh. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar