Manfaat Buah Kelapa Untuk Berbagai Penawar Penyakit

Rabu, 16 September 2015
Manfaat Buah Kelapa Untuk Berbagai Penawar Penyakit. Kelapa mendapat julukan sebagai pohon kehidupan karena mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Hampir semua bagian dari pohon kelapa itu bermanfaat mulai dari akar, batang, daun dan buah bisa dimanfaatkan.

manfaat buah kelapa sebagai penawar penyakit
  1. Keracunan
  2. Sakit panas dalam
  3. Sakit panas
  4. Demem berdarah
  5. Kencing Batu
  6. Mengurangi sakit waktu haid
  7. Influenza
  8. Mengusir cacing kremi
  9. Sakit gigi berlubang
  10. Ubanan
  11. Ketombe
Manfaat buah kelapa untuk kesehatan tubuh
  • Santan kelapa untuk tulang

Salah satu manfaat buah kelapa, yaitu diambil santannya. Nah, ternyata santan ini memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan tulang. Selain dapat menguatkan tulang, santan juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri tulang yang seringkali diderita oleh para lansia. Santan juga dapat mencegah keropos tulang.
  • Menurunkan tekanan darah
Santan memiliki kandungan potasium yang tinggi dan diyakini mampu mengatur tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa santan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, harus hati-hati karena kandungan kolesterol pada santan juga tinggi.
  • Menurunkan berat badan
Daging buah kelapa kaya akan serat alami yang diperlukan tubuh melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah kelapa juga dapat membantu seseorang yang mengalami kesulitan buang air besar. Selain itu daging buah kelapa yang diolah menjadi santan dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kandungan elektrolit dalam buah dapat membantu tubuh mencegah berbagai virus seperti virus penyebab flu. Selain itu air kelapa bersifat sebagai detok alami yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena itu, orang tua kita dahulu sering menggunakan air kelapa hijau untuk mengobati keracunan makanan.
  • Meningkatkan energi
Meminum air kelapa merupakan cara alami untuk mendongkrak energi tubuh. Jadi, jika anda mengalami kelelahan setelah seharian beraktifitas, coba minumlah air kelapa
  • Melemaskan otot
Kesibukan sehari-hari dapat memicu seseorang terkena stres dan otot tegang. Untuk mengatasinya anda bisa meminum air kelapa. Kandungan magnesium dalam air kelapa dan santan dapat membantu melemaskan otot sehingga ketegangan bisa dihilangkan.
  • Pengganti cairan tubuh
Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan elektrolit dalam air kelapa sama seperti kandungan cairan yang terdapat pada tubuh manusia. Jadi jika anda habis berolahraga dan banyak cairan terbuang, Anda bisa mengkonsumsi air kelapa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak dehidrasi.

 Ada pun manfaat air kelapa sebagai berikut
  1. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
  2. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
  3. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotik lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.
  4. Mencuci muka dengan air kelapa secara continue tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.
  5. Campur air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk g4irah seksual berlebih.
  6. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saring ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.
  7. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuan relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
  8. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar