Manfaat Buah Leci Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Rabu, 30 September 2015
Manfaat Buah Leci Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Tahukah anda bahwa sembilan buah leci yang kita konsumsi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C kita.Buah leci adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Selain itu buah leci juga mengandung senyawa lain seperti tembaga, vitamin B6, dan juga potasium.

Manfaat Buah Leci Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah Kulit Keriput
Vitamin C membantu pembentukan kolagen. kolagen membantu kulit jadi kencang dan elastis. Penelitin menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi vitamin C lebih banyak, maka keriputnya lebih sedikit.
  • Mencegah Masalah Gondok
Apakah anda tahu bahwa tembaga berkaitan dengan metabolisme tiroid? Hal ini memainkan peran dalam produksi hormon dan penyerapan dengan menekankan produksi hormon tiroksin (T4). Mencegah Anemia
Kandungan tembaga dalam buah leci memiliki banyak kontribusi yang sehat untuk tubuh, termasuk membantu tubuh menyerap zat besi dan membantu sel-sel darah merah. Kurangnya tembaga memiliki gejala yang mirip dengan anemia karena kekurangan zat besi.
  • Mencegah Kanker
Leci memiliki sifat anti kanker. Buah ini memiliki flavonoid dalam pulp yang membantu untuk melawan penyakit fatal dan mematikan seperti kanker. Kandungan seperti flavones, quercitin dan kaemferol merupakan senyawa ampuh dalam mengurangi proliferasi sel kanker. Buah leci memberikan sifat anti kanker payudara.
  • Mencegah Penuaan Dini
Penuaan kulit sebagian besar disebabkan oleh faktor alam seperti peningkatan usia . Namun karena polusi, radiasi UV dan asap, maka proses penuaan akan lebih cepat dari seharusnya. Penyebab utama penuaan dini adalah radikal bebas yang di produksi dalam tubuh kita, karena stres oksidatif tinggi yang disebabkan oleh polusi udara. Antioksidan telah terbukti bermanfaat untuk menghancurkan radikal bebas, sehingga  akan memperlambat proses penuaan . Juga telah ditemukan bahwa orang yang makan makanan tinggi antioksidan memiliki efek penuaan yang lebih lambat daripada proses alami. Leci mengandung antioksidan tinggi, yang efektif untuk mencegah penuaan dini .
  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Penelitian menemukan bahwa makanan yang kaya antioksidan dapat menurunkan tekanan darah . Leci mengandung tinggi antioksidan dari Vitamin C. Leci juga mengandung kalium dalam jumlah yang baik . Kalium digunakan oleh tubuh untuk menjaga tingkat natrium . Kalium tinggi juga diperlukan untuk mempertahankan tingkat cairan elektrolit . Oleh karena itu kalium membantu untuk mempertahankan tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung . Juga mengandung mineral lain seperti mangan , magnesium, besi , tembaga dan folat yang juga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah .
  •  Mencegah pertumbuhan sel kanker
Penyakit Kanker bisa terjadi di mana sel-sel yang tidak teratur terpisah tanpa kontrol. Mengkonsumsi buah leci secara teratur dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker, mempertahankan quercetin flavon serta kaempferol zat efektif dalam mengurangi perluasan sel-sel kanker. hal Ini akan membantu mencegah kanker payudara dan kanker prostat.
  • Mencegah penyakit jantung
The Journal of Nutrition melansir bahwa buah leci menempati peringkat ke dua buah dengan tinggi polifenol. Polifenol ini diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Buah Leci mengandung hampir 15% lebih banyak polifenol dibandingkan dengan buah anggur (yang dianggap sebagai sumber utama polifenol).

Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh
1. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah leci yang cukup tinggi bisa membantu menyeimbangkan jumlah hemoglobin di dalam darah dan mencegah anemia.

2. Membantu Menurunkan Hipertensi
Buah leci mengandung kalium atau disebut juga dengan potasium yang cukup tinggi. Fungsi kalium adalah untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung. Kalium juga bagus untuk mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh. Selain itu, buah leci juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3. Antioksidan
Buah leci mengandung oligonol, antioksidan yang mampu memerangi virus flu. Antioksidan tersebut juga dipercaya ampuh melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV matahari.

4. Mencegah Kanker
Mengkonsumsi buah leci bisa membantu mencegah Anda dari terkena kanker. Antioksidan yang ada pada buah leci bisa mencegah pertumbuhan sel kanker khususnya untuk kanker payudara dan prostat.

5. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh bisa dikurangi dengan mengkonsumsi buah leci. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan kandungan HDL atau kolesterol baik dan juga melancarkan peredaran darah ke Jantung.

6. Memperlancar Pencernaan
Makan buah leci juga bisa menekan nafsu makan, membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta memperlancar pencernaan.

Kandungan Gizi Buah Leci
  • Energinya mencapai 66 kkal
  • Karbohidrat mencapai 16,53 gr
  • Gula 59,9 kkal
  • Protein 2,8 kkal
  • Lemak 3,7 kkal
  • Vitamin C dengan kadar 71,5 mg per 100 gr daging buah.
  • Beberapa kandungan lain yang terdapat dalam buah leci antara lain:
  • Kalium
  • Sukrosa
  • Glukosa.
Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar