Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Minggu, 27 September 2015
Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Buah naga (Pitaya) adalah salah satu buah yang menjadi penasaran banyak orang sehingga sangat laku di pasar pasar atau pun super maket. Banyak orang yang mempertanyakan tentang rasa dan khasiatnya. Buah yang memiliki warna merah merona ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, manfaat kesehatan dari buah naga jauh lebih besar daripada apa yang pernah Anda bayangkan! Bagaimana tidak? buah ini mampu menetralisir asam lambung dan juga mampu mencegah berbagai penyakit kronis seperti maag, kolesterol tinggi, jantung, diabetes dan stroke.

Manfaat Buah Naga Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah Kanker
Penyakit kanker banyak sekali jenisnya, dan penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Nah, ketimbang harus menyembuhkan kanker yang biayanya pasti sangat mahal, tidak ada salahnya jika kita mencegahnya terlebih dahulu. Mengonsumsi buah naga merah secara rutin adalah salah satu cara efektif untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung antioksidan, di mana antioksidan sendiri memang terbukti efektif untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker.
  • Mencegah Diabetes
Selain kanker, khasiat buah naga merah yang lain adalah untuk pencegahan penyakit diabetes. Perlu Anda ketahui diabetes bisa diakibatkan oleh banyak faktor penyebab, salah satunya adalah faktor keturunan. Oleh karena itu apabila Anda berisiko terkena diabetes karena faktor keturunan, minimalkan risiko tersebut. Caranya adalah dengan memanfaatkan kandungan vitamin B3 yang terkandung dalam buah naga merah. Vitamin B3 ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi dan menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.
  • Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit berbahaya lainnya yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah naga merah adalah penyakit jantung. Salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang bisa merenggut nyawa seseorang tanpa “ketuk pintu” terlebih dahulu. Untuk meminimalisir risiko terkena berbagai macam gangguan atau penyakit jantung, cobalah untuk lebih rutin mengonsumsi buah naga merah. Pasalnya berbagai kandungan pada buah naga merah ternyata bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Mencegah penuaan dini
Buah naga merah tidak hanya berpotensi tinggi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda, faktanya buah naga merah juga baik untuk menjaga keremajaan kulit Anda, radikal bebas yang selama ini memengaruhi kesehatan kulit Anda dapat menyebabkan penuaan dini yang mana dapat dicegah jika Anda secara rutin mengkonsumsi buah naga merah.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi Resiko Diabetes Melitus

Buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Apabila kadar gula darah dapat di kontrol maka resiko diabetes dapat di minimalisir. Bagi yang memiliki keturunan diabetes, seringlah mengkonsumsi buah naga agar resiko anda mengalami diabetes semakin kecil. Ingat bahwa saya pernah menuliskan artikel mengenai penyebab diabetes yang salah satunya berasal dari faktor keturunan.

2. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Seperti halnya kanker, penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Oleh karena itu lebih baik kita mengantisipasinya daripada harus mengobati. Kandungan yang dimiliki oleh buah naga dipercaya berkhasiat untuk mengurangi resiko serangan jantung pada manusia.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Bila anda ingin mencari alternatif susu sebagai pemasok utama asupan kalsium, anda bisa mencoba dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin. Menurut FAO (badan PBB yang mengurusi pangan), kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga cukup tinggi. Menjaga kekuatan tulang merupakan langkah anda untuk mengurnagi resiko osteoporosis dan permasalahan tulang yang lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buah naga selanjutnya diperoleh dari kandungan betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata. Anda bisa mengkombinasikannya dengan wortel jika anda mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja. Bila sebelumnya anda hanya mengkonsumsi jus wortel yang rasanya agak aneh, sekarang anda bisa menggantinya dengan jus buah naga yang notabene lebih sedap daripada jus wortel. Biasakan rutin untuk mengkonsumi buah naga agar mata anda lebih sehat dan jernih.

5. Bisa untuk Diet

Bagi yang sedang menjalani program diet, anda bisa mencoba menggunakan buah naga untuk asupan gizi anda sehari-hari. Buah naga terkenal kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Anda bisa mengontrol jumlah kalori anda dengan mudah menggunakan buah naga karena kandungan kalorinya yang cukup rendah. Anda juga tidak perlu khawatir akan cepat lapar karena kandungan serat yang dimiliki oleh buah naga cukup membuat anda kenyang.

6. Anti Aging

Sebenarnya khasiat buah naga tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk kecantikan. Perawatan agar selalu tampil cantik dan awet muda memang membutuhkan dana yang cukup besar maka dari itu anda bisa mencoba menggunakan buah naga sebagai alternatif. Nutrisi yang dimiliki oleh buah ini dipercaya mampu untuk membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Bila anda ingin badan anda tidak mudah sakit, selain berolahraga dan istirahat yang cukup tentu saja anda perlu memilih makanan yang baik dan memiliki kandungan yang cukup. Kandungan vitamin C, protein, dan potassium dalam buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang. Jika anda merupakan orang yang gampang sakit saat pergantian musim, sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi buah naga secara rutin.

8. Melancarkan Pencernaan

Khasiat buah naga yang paling dahsyat adalah membantu anda apabila sedang mengalami masalah pencernaan. Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa membuah jus buah naga agar mudah dicerna dan membantu melarutkan penyumbatan diusus.

9. Menjaga Kesehatan Gigi

Bila anda memiliki permasalahan gigi, saya sarankan untuk mengkonsumsi buah naga. Cara termudah agar anda dapat mengkonsumsi buah naga adalah dengan cara membuat jus. Jus buah naga memiliki manfaat yang cukup besar karena kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi.

10. Untuk Mendeteksi Kandungan Boraks dan Formalin

Beberapa kasus penggunaan boraks dan formalin pada makanan sempat membuat cemas masyarakat. Bahan yang cukup berbahaya ini dicampurkan untuk bahan pengawet agar penjual tidak merugi jika dagangannya tidak habis terjual. Jika anda ingin melakukan ujicoba mendeteksi formalin pada tahu misalnya, anda dapat menggunakan ekstrak dari buah naga dan air untuk merendam tahu yang dicurigai mengandung formalin. Setelah anda mendiamkan setidaknya 15 menit anda bisa memasukkan kertas tisu pada rendaman tersebut, warna tisu akan menjadi merah.

11. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting untuk kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buah naga secara rutin merupakan langkah awal untuk pertumbuhan dan kesehatan janin anda.

Kandungan dan Manfaat Buah Naga

Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%.
  • Sumber Vitamin C
  • Sumber Vitamin B1 (tiamin)
  • Sumber Vitamin B3 (niacin)
  • Sumber Vitamin B12
  • Kaya Serat
  • Kaya Mineral
  • Kandungan Antioksidan
  • Kandungan ProteinRendah lemak

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar