Manfaat Buah Strawberry Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Selasa, 29 September 2015

Manfaat Buah Strawberry Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Buah Strawberry atau yang akrab disapa “Fragaria × ananassa” dalam bahasa latinnya memiliki banyak sekali varietas atau pun keluarga.Buah Strawberry pada umumnya memiliki kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, maka tak heran jika buah ini menjadi buah favorit baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Selain rasanya yang nikmat, buah ini juga mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin penting yang diperlukan tubuh seperti vitamin C dan K, mangan, asam pantotenat, yodium, vitamin B1 dan B6, biotin, dan asam folat. Semua kandungan tersebut bermanfaat sekali untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Buah Strawberry Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah tekanan darah tinggi,
 buah strawberry mengandung potasium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk menurunkan dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Mencegah anemia,
buah strawberry kaya akan kandungan zat besinya sehingga sangat baik untuk anda yang mengalami anemia, karena strawberry sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh.
  • Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan serat yang tinggi, folat, Vitamin C dan juga anti oksidan sangat efektif untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan juga bisa mencegah penyakit jantung.
  • Mencegah Leukimia
Buah Strawberry ini memiliki efek terapi yang ternyata sangat baik untuk mencegah penyakit leukemia. Hal ini karena adanya zat yang terkandung di dalamnya yaitu amine clan, asam tanae.
  • Mencegah Diabetes
Kandungan Zat Anthocyanin yang ada di dalam strawberry mampu mencegah masalah-masalah yang kemungkinan ditimbulkan dari diabetes.
  • Mencegah Kanker
Seperti disebutkan di atas, stroberi mengandung antioksidan kuat yang bekerja melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Mengatasi Stroke

Antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin semuanya telah terbukti mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait dengan stroke. Kalium yang juga telah banyak dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.
  •  Mencegah jerawat.
Anti oksidan dan vitamin dalam buah strawberry dapat mengatasi masalah kulit berminyak dan mencegah jerawat.

Beberapa manfaat buah strawberry bagi kesehatan
1. Menjaga kesehatan mata
Alasan utama terhadap hampir semua permasalahan mata adalah radikal bebas dan kekurangan nutrisi tertentu. Dengan semakin bertambahnya usia dan kurangnya nutrisi pelindung, radikal bebas akan dengan mudah menyebabkan permasalahan pada mata. Beberapa anti-oksidan seperti vitamin C dan flavonoid hadir dalam stroberi, di mana dapat menangkal perkembangan yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Stroberi mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.

3. Anti-inflamasi
Stroberi mengandung senyawa kimia yang bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun demikian, hal tersebut tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan usus dan perut.

4. Anti kanker
Kombinasi antara antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang ditemukan dalam buah stroberi diketahui dapat melawan berbagai bentuk kanker. Hal ini berkat vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Lagi-lagi ini berkat tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Secangkir stroberi mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Menjaga kesehatan tulang
Mangan yang terkandung dalam stroberi diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam stroberi juga penting bagi kesehatan tulang.

7. Menjaga kesehatan jantung
Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket kesehatan yang ideal bagi jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang hadir dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu fungsi jantung yang lebih baik.

8. Menjaga fungsi otak
Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam stroberi seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, stroberi juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

Kandungan gizi buah strawberry

  1.  Vitamin B-6 0,09 mg
  2.  Energi 181 Kj
  3.  Protein 0,88
  4.  Kalsium 20 mg
  5.  Besi 0,55
  6.  Magnesium 14
  7.  Fosfor 27
  8.  Natrium 1,44
  9.  Vitamin C, asam askorbat 82 mg



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar