Manfaat Buah Delima Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Selasa, 06 Oktober 2015
Manfaat Buah Delima Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Buah Delima pada umumnya ditemukan dan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis.  Walaupun buah ini termasuk langka, namun masih tersedia buah impor di pasar. Buah delima di beberapa negara terkenal sebagai buah yang memiliki nilai khasiat tinggi bagi kesehatan, sehingga termasuk buah yang ada dalam daftar makanan sehat setiap hari. Buah delima terkenal akan kandungan vitamin dan antioksidan, yang diyakini baik untuk perawatan kulit dan kesehatan tubuh secara alami.

Manfaat Buah Delima Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah kanker
Jumlah tinggi zat antioksidan, vitamin A, vitamin C dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. Dengan demikian makan buah ini dapat menghentikan kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara dan kanker paru-paru.
  • Mencegah penyakit jantug
Antioksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat (LDL),  dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) . Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat.
  • Mencegah osteoartritis
Beberapa studi menunjukkan bahwa sari buah delima dapat mencegah kerusakan tulang rawan. Menurut penelitian di Case Western Reserve University yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, ekstrak delima menurunkan tingkat bahan kimia yang disebut interleukin-1b (IL-1b) dan enzim yang mengikis tulang rawan dan membuat inflamasi. Para peneliti mengatakan ekstrak buah delima mungkin dapat menghambat degradasi kartilago pada osteoartritis.
  • Mencegah penyakit Alzheime
Jika buah delima di konsumsi setiap hari, akan bisa membantu  mencegah penyakit Alzheimer. Dan jika dimakan oleh orang yang sudah terkena penyakit ini, maka akan memperlambat perkembangannya. Hal ini juga akan meningkatkan otak penderita, dan akan membantu untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik dan lebih aktif.

Untuk mendapatkan semua manfaat bagi kesehatan dan kecantikan dari buah yang lezat ini, pastikan Anda makan buah delima dengan ukuran rata-rata atau sedang. Bisa juga dengan minum jus buah delima setiap hari.
  • Mengobati luka dan Radang Kuli
Ekstrak buah delima sama dengan salep apa pun untuk mengobati peradangan kulit. Hal ini karena delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengkonsumsi buah delima, serta menerapkan ekstrak atau minyak biji delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, luka yang diobati tidak meninggalkan bekas setelah sembuh.
  • Mencegah Kanker Prostat

Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus delima secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang. , namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan bukti yang mendukung temuan ini.
  • Mencegah terjadinya keriput
Usia yang semakin bertambah akan memicu terjadinya kerutan. Oleh karena itu dengan menggunakan minyak delima ini maka akan mencegah terjadinya keriput.

Manfaat Buah Delima Merah untuk Kesehatan
1. Menjaga Kesehatan Jantung
 
Buah delima atau red pomegranate memiliki kandungan punicalagin yang dapat menjaga fleksibilitas arteri sekaligus mencegah terjadinya peradangan pada lapisan pembuluh darah. Selain itu, delima juga dapat mengurangi aterosklerosis, yaitu salah satu penyebab utama dari penyakit jantung. Buah ini juga dapat menurunkan resiko penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah menuju jantung dan otak. Jadi, delima mempunyai efek anti-aterogenik pada jantung. Selain itu, buah delima dapat menurunkan jumlah LDL atau kolesterol jahat pada tubuh, sekaligus meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

2. Mencegah Kanker
 
Manfaat Buah delima merah berikutnya adalah dapat berperan untuk mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh sekaligus menghalangi pertumbuhan serta perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki buah delima, sehingga dapat merangsang sel-sel darah putih yang ada untuk menetralkan racun pada tubuh. Hal ini kemudian merangsang sistem imunitas atau kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, asupan delima merah secara rutin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker prostat dan memblokir aromatase, yaitu suatu enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen. Estrogen ini sendiri adalah hormon yang berperan penting pada perkembangan kanker payudara.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
 
Manfaat buah delima merah lainnya untuk kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Buah red pomegranate ini memiliki sifat anti mikroba serta anti bakteri yang kuat, sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan virus dan bakteri serta meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Buah ini juga dapat mengurangi mikroba pada mulut secara signifikan yang dapat menyebabkan gigi berlubang serta infeksi Steph. Sifat anti mikroba yang dimiliki buah ini juga dapat menghambat penularan HIV, bahkan buah delima merah menjadi buah yang memiliki potensi paling tinggi dalam menghambat penularan HIV.

4. Membantu Regenerasi Tulang Rawan
 
Nah, manfaat buah delima merah cocok untuk Anda yang sedang mengalami permasalahan tulang, khususnya tulang rawan. Buah delima dapat berperan sebagai penghambat enzim perusak tulang rawan. Jadi, buah delima merah sangat dianjurkan untuk Anda yang menderita osteoarthritis, yaitu sebuah kondisi di mana penderitanya mengalami kerusakan pada tulang rawan sendi. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa penggunaan buah delima merah dapat mengurangi kerusakan pada tulang rawan, mengurangi gejala radang sendi, juga peradangan pada tulang.

5. Membantu Perawatan Prenatal 

Buah berkhasiat ini sangat baik untuk Anda yang sedang hamil karena menjadi sumber utama dari beberapa vitamin serta mineral, termasuk di dalamnya asam folat. Selain itu, kandungan yang bersifat anti inflamasi pada buah delima juga dapat memastikan aliran darah Anda sehat karena penting dalam pengembangan keseluruhan janin. Selain itu, buah delima yang memiliki kandungan kalium dapat membantu mencegah kram kaki yang umum terjadi pada ibu hamil. Oh iya, konsumsi rutin oleh ibu hamil juga dapat menurunkan resiko kelahiran anak prematur dan resiko berat badan lahir rendah.


 Kandungan Buah Delima
 
Selain kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya, berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima yang menjadikan buah ini sarat akan manfaat.

1. Zat Tanin Buah Delima Bermanfaat Bagi Pencernaan

Buah delima mengandung zat tanin yang tinggi, yaitu salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman yang merupakan salah satu komponen astrigen dengan kemampuan mengikat dan mengendapkan protein sehingga bisa di aplikasikan dalam pengobatan perdarahan (hemostatik), ulkus peptikum (luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari), wasir dan diare dengan cara menyusutkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang.

2. Zat Kalium Buah Delima Bermanfaat Bagi Jantung

Setiap 100 gram biji buah delima yang dapat langsung dimakan, mengandung kalium 259 mg/gr yang dianggap sebagai komponen penting bagi kesehatan jantung.

3. Zat Antioksidan Buah Delima Bermanfaat Bagi Sel-sel Dalam Tubuh

Buah delima memiliki kandungan antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan wine dan teh hijau dengan kandungan flavanoid yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memberikan perlindungan pada kulit. Sehingga tidak jarang buah delima menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar