Manfaat Buah Jambu Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Senin, 05 Oktober 2015
Manfaat Buah Jambu Untuk Mencegah Berbagai Penyakit. Jambu biji sangat umum tersedia di daerah tropis, namun seringkali tidak dianggap karena banyak mengandung biji. Padahal jambu biji (terutama yang berdaging merah) sangat kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Meski demikian tentu ada solusi untuk menangani masalah bijinya, salah satunya adalah dengan cara di jus atau di blender. Selain lezat dan segar, minum jus jambu biji akan memberikan kita manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Buah Jambu Untuk Mencegah Berbagai Penyakit
  • Mencegah kanker
Jambu biji mengandung antioksidan penawar kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.
  • Mencegah sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang disarankan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.
  • Mengobati diare
Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.
  • Mencegah penuaan dini
Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.
  • Mengobati batuk dan flu
Untuk pengobatan tradisional, kunyah saja daun jambu biji secara mentah-mentah. Jika Anda ingin yang lebih enak, makan saja buah jambu biji yang masih mentah walau masih akan terasa sedikit pahit. Kasiat ini sudah sejak lama dipercaya turun-temurun untuk obat batuk dan flu. Ramuan ini mengurangi lendir dan pembentukkannya. Di sisi lain, saluran pernafasan akan terbebas dari infeksi.
  • Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.
  • Mengobati Kudis:
Jambu biji mengalahkan banyak buah-buahan lainnya dalam hal vitamin C, termasuk buah jeruk lemon dan lainnya.Konsentrasi vitamin C, akan menyebabkan kuman penyebab kudis akan berkurang dan menghilang. Vitamin C pada jambu  lima kali lipat daripada Vitamin C dalam jeruk.
  • Mengobati Diare & disentri:
Jambu biji sangat kaya astringent, yaitu senyawa yang membuat gusi terasa lebih kencang dan segar. Namun ini bisa didapat setelah mengunyah daun jambu,  atau makan jambu biji yang masih mentah atau untuk dipakai sebagai pasta gigi. Selain itu, makan jambu mentah atau daunnya yang muda bisa menyembuhkan diare. Astringent alami dalam jambu biji bersifat alkali, bersifat desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri oleh pertumbuhan mikroba dan menghambat serta menghilangkan lendir ekstra dari usus. Lebih lanjut, nutrisi lainnya dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium akan memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

Berikut Beberapa Manfaat Buah Jambu Untuk Kesehatan

  1. Buah jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.
  2. Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.
  3. Buah jambu biji merah juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  4. Selain itu, buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam buah jambu biji merah terdapat kandungan kalium yang mampu menstabilkan tekanan darah.
  5. Kandungan mineral tembaga yang terdapat pada buah jambu biji sudah terbukti khasiatnya dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid, jika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka akan menyebabkan munculnya penyakit serius.
  6. Kandungan mineral lainnya yang terdapat pada buah jambu biji merah yaitu mangan, kandungan mangan dapat membantu dalam menyerap nutrisi pada makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat agar nutrisi yang diserap tubuh lebih maksimal.
  7. Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit demam berdarah, karena buah jambu biji merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah baru di dalam tubuh.
  8. Jambu biji kaya akan kandungan magnesium yang sangat berkhasiat untuk relaksasi, sehingga dapat membantu dalam mengendurkan otot-otot saraf di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji merah setelah melakukan aktivitas seharian dapat mengembalikan stamina yang hilang.
  9. Vitamin B3 dan B6 yang terdapat di dalam buah jambu merah sangat berguna dalam membantu menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah dengan baik.
  10. Buah jambu merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena di dalam buah jambu biji merah mengandung vitamin C, beta-karoten dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan gangguan kulit lainnya. Maka tak heran jika buah jambu biji sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat lotion untuk kulit wajah dan tubuh.
Kandungan Buah Jambu Biji

Tak heran jika jambu biji disebut “buah super.” Dibandingkan dengan jumlah yang sama pada buah nanas, jambu biji mengandung 30 kalori lebih banyak per porsi, 3 kali lipat protein dan memiliki serat 4 kali lebih besar. Berikut ini kandungan di dalam sebuah jambu biji :
  • vitamin A (21% dari nilai harian), yang penting untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit
  • folat (20%), bagus untuk wanita hamil untuk mencegah cacat tabung saraf.
  • Flavonoid termasuk beta karoten (inhibitor kanker)
  • lycopene, yang pada jambu biji merah muda telah ditemukan untuk melindungi kulit terhadap sinar UV dan membantu mencegah kanker prostat
  • lutein dan cryptoxanthin, kedua antioksidan
  • Kalium – Kandungan kalium ini sama seperti yang pada manfaat pisang dan penting terhadap denyut jantung serta regulator tekanan darah.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar