Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan

Minggu, 11 Oktober 2015
Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan, Vitamin C nutrisi adalah yang paling banyak dikenal, dan juga telah banyak disediakan dalam bentuk suplemen. Vitamin C sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh kita. Tubuh tidak menyimpan Vitamin C, oleh karena itu kita perlu untuk mengkonsumsinya secara rutin dari makanan. Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang membantu mendukung tendon, ligamen dan pembuluh darah, serta menjaga kulit dan organ tubuh lain secara bersama-sama. Vitamin C juga berguna untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati, serta membantu memperkuat sistem kekebalan kita agar tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan, rambut dan Kulit
1 . Imunitas tubuh
Dosis yang sehat Vitamin C akan melindungi tubuh kita dari infeksi, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk memperbaiki luka, serta kebal dari bakteri, virus dan infeksi. Vitamin C  juga diperlukan untuk kolagen, protein struktural utama yang ditemukan dalam jaringan ikat. Vitamin C yang diminum akan membantu untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan lebih baik.
 
2 . Mengurangi Demam
Vitamin C bisa mengurangi keparahan gejala demam karena flu biasa, termasuk peradangan, hidung meler dan sakit kepala. Vitamin C juga mengontrol alergi yang bisa menyebabkan demam. Hal ini akan mengurangi kadar histamin, dan seringkali dapat mempercepat menghilangkan demam.
 
3 . Antioksidan
Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan efektif,  yang berguna untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, serta aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

4 . Hipertensi
Vitamin C telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kemungkinan resiko hipertensi dan masalah kesehatan serius yang terkait dengan tekanan darah tinggi.
 
5 . Pembuluh darah
Vitamin C juga memastikan pembuluh darah yang sehat, yang membantu melindungi kita dari penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol, jantung  dan nyeri dada.

6 . Mencegah keracunan timbal
Vitamin C membantu menurunkan tingkat timbal dalam darah kita secara dramatis. Keracunan timbal dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan dan perilaku, terutama pada anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan yang tinggi polusi. Hal ini bisa menyebabkan ketidakmampuan belajar, menurunkan IQ, dan terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak. Pada orang dewasa mungkin bisa menderita kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi.
 
7 . Untuk menurunkan berat badan
Vitamin C terbukti bisa membantu menurunkan kadar lemak,  dan menjaga berat badan yang sehat. Ahli diet dan ahli gizi selalu menyarankan vitamin C dari buah-buahan dan sayuran untuk diet, karena ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan-makanan yang kaya vitamin C secara teratur akan membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Dokter telah menemukan bahwa makan buah-buahan yang kaya vitamin C dapat menurunkan insulin, sehingga tubuh tidak menyimpan gula dan mengkonversinya menjadi lemak untuk digunakan sebagai bahan bakar tubuh.
 
8 . Stres
Vitamin C bisa membantu tubuh untuk mengatasi stres, dengan jalan mengurangi kadar hormon stres atau kortisol.

9 . Katarak
Mata kita membutuhkan vitamin C agar berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan katarak, di mana lensa mata menjadi semakin buram. Katarak menyebabkan pandangan kabur, dan bisa berakhir dengan kebutaan pada orang dewasa. Asupan tinggi vitamin C akan mencegah katarak, karena akan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata.

10 . Kanker
Sifat antioksidan vitamin C akan melindungi sel kita dari kerusakan dan mutasi DNA, sehingga melindungi kita dari kanker. Vitamin C juga membantu regenerasi vitamin E yang merupakan antioksidan lain yang kuat. Vitamin C tidak secara langsung menyerang kanker yang telah terjadi,  tetapi menjaga sistem kekebalan tubuh untuk berperang melawan kanker.
 
11 . Energi
Vitamin C berguna untuk menyeimbangkan sistem dalam tubuh karena kondisi lingkungan yang tak terhitung jumlahnya. Hal ini membantu produksi dopamin dalam sistem saraf, dan mendukung fungsi adrenal untuk meningkatkan energi metabolik.
 
12 . Penyakit jantung
Vitamin C mencegah penyakit jantung dengan jalan mencegah radikal bebas yang dapat merusak dinding arteri,  yang dapat menyebabkan pembentukan plak. Vitamin C juga menjaga kolesterol dari oksidasi yang dapat menyebabkan stroke jantung. Masalah tekanan darah tinggi juga bisa diatasi dengan nutrisi ini.
 
13 . Diabetes
Pasien diabetes juga bisa terbantu oleh Vitamin C, karena akan membantu untuk mengatur kadar gula darah. Suplemen vitamin C akan menurunkan glukosa dalam sel-sel tubuh, di mana akan melindungi dari berbagai komplikasi diabetes.

14 . Asma
Orang yang kurang mendapat vitamin C beresiko tinggi terkena asma. Asupan Vitamin C cukup akan mengurangi produksi histamin yang berkontribusi terhadap peradangan.

 Fungsi  Vitamin C

  • Melawan kanker
    Melawan kanker adalah salah satu fungsi vitamin C. Beberapa wanita yang mengkonsumsi banyak mengandung vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan dalam bentuk suplemen), dapat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Bahkan ada beberapa riset mengindikasikan bahwa fungsi vitamin C dapat dijadikan sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu.
  • Memperbaiki kulit
    Vitamin C mengandung antioksidan yang banyak yang juga dibutuhkan oleh kulit, di mana antioksidan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari. "Pemberian asupan vitamin C yang digabungkan dengan bahan lainnya dapat memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk berupa garis-garis halus, pigmentasi yang tidak merata, warna kulit dan juga tekstur," kata Dr Mariusz Sapijaszko, direktur medis dari Youthful Image Cosmetic Surgery Clinic dan jugs seorang profesor dermatologi di University of Alberta. Merupakan salah satu fungsi vitamin C dibidang kesehatan kulit.
  • Meningkatkan mood
    Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan perubahan psikologis. Peneliti dari McGill University menyatakan bahwa pemberian suplemen vitamin C (500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang mengalami kekurangan vitamin C, secara signifikan dapat membantu meningkatkan suasana keadaan hati mereka. Ini adalah salah satu fungsi vitamin C yang sangat dianjurkan bagi yang sering merasa gelisah, dan sebagainya.
  • Menurunkan resiko serangan jantung
    Vitamin C dapat menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung. Aterosklerosis adalah suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar.
  • Mengontrol tekanan darah
    Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang dianjurkan secara rutin dapat mengontrol tekanan darah.
  • Mencegah stroke
    Diet tinggi antioksidan yang kaya akan buah dan sayuran dapat membantu menangkal penyakit kardiovaskular. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka dengan tingkat tertinggi vitamin C dalam tubuh berada pada risiko terendah untuk menderita stroke (terutama pada wanita).
  • Mencegah diabetes
    Vitamin C mampu untuk menurunkan kadar gula yang terdapat dalam tubuh dan dapat mencegah efek buruk dari diabetes pada penderitanya. Ganti camilan manis dengan buah jeruk atau sumber lainnya yang mengandung vitamin C.
  • Mencegah katarak
    Apabila kekurangan vitamin C lensa mata akan menjadi buram sehingga dapat menyebabkan pandangan anda menjadi kabur.

Buah Buahan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

  • Jambu biji
Kandungan vitamin C dalam jambu biji hampir 2 kali lipat dari jeruk. Dalam 100 gram buah jambu biji mengandung 108 mg vitamin C. Buah jambu biji berkhasiat untuk mengobati gangguan perut seperti diare.
  • Jeruk
Sebuah jeruk menyediakan 50 sampai 70 mg vitamin C, setara dengan kebutuhan harian vitamin C Anda. Jeruk juga merupakan sumber serat, folat, serta antioksidan, vitamin dan mineral lainnya.
  • Apel
Kandungan vitamin C dalam 100 gram buah apel adalah 5 mg. Apel juga kaya akan flavonoid antioksidan yang mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Sebuah apel sedang memiliki sekitar 80 kalori.
  • Delima
Satu buah delima menyediakan 40 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Delima juga mengandung folat, serat, kalium, niasin, vitamin A dan E. Antosianidin dalam delima memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang menurunkan kolesterol dan tekanan darah, melindungi gigi, mencegah osteoartritis, alzheimer, kanker payudara, leukemia, kanker paru dan kanker prostat.
  • Buah Kiwi
Pada berat yang setara, buah kiwi mengandung dua kali vitamin C daripada jeruk. Selain mengandung banyak vitamin C, buah kiwi merupakan sumber magnesium, kalium, vitamin A dan E.
  • Buah Anggur
Buah anggur memiliki kandungan vitamin c yang lumayan, yaitu 10,8 mg tiap 100 gramnya. Anggur merah juga mengandung zat besi, kalium, serat dan antioksidan lain yang berlimpah.
  • Stroberi
Konsumsi harian stroberi membantu Anda mengendalikan diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit jantung. Stroberi juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan lainnya. Dalam satu porsi buah stroberi 147 gram, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg
  • Pepaya
Pepaya menyediakan banyak vitamin C, folat dan karotenoid. Pepaya merupakan satu-satunya sumber papain, enzim pencernaan alami yang membantu mencerna protein. Dalam 150 gram buah pepaya, mengandung vitamin C sebanyak 90 mg.
  • Alpukat
Alpukat memiliki lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Alpukat juga mengandung zat besi dan vitamin E. Sebuah alpukat mengandung 81 kalori, 8 gram lemak dan 3 gram serat.
  • Sirsak
Sirsak adalah buah yang kaya vitamin dan serat. Setengah buah sirsak sedang sudah cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C dan setengah kebutuhan serat harian Anda. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat penuaan. Serat sangat baik untuk membantu pencernaan dan detoksifikasi. Sirsak juga mengandung fosfor dan kalsium, dua mineral penting untuk pembentukan massa tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Mangga
Sebutir buah mangga rata-rata mengandung 60 mg vitamin C, yang sama dengan jumlah harian yang disarankan. Antioksidan dalam mangga membantu mencegah artritis, mempercepat penyembuhan luka dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Blewah
Dalam sepotong blewah, mengandung 49,2 mg vitamin C. Selain itu, blewah juga kaya akan serat dan vitamin A.
  • Tomat
Tomat adalah sumber vitamin C dan likopen, salah satu karotenoid terkuat yang bertindak sebagai antioksidan. Dalam satu buah tomat ukuran kecil bisa mengandung vitamin C sebanyak 23 mg.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar